Soal Wacana Pemindahan Ibu Kota, Akhirnya Jokowi Angkat Bicara 

Soal Wacana Pemindahan Ibu Kota, Akhirnya Jokowi Angkat Bicara 
Presiden Joko Widodo. (Foto: harianterbit.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo akhirnya angkat bicara soal wacana pemindahan ibu kota. Pernyataan Jokowi disampaikan lewat akun twitter resminya.

"Wacana pemindahan Ibu Kota masih dalam tahap kajian. Perlu kalkulasi matang agar benar-benar bermanfaat -Jkw," tulis Jokowi, melalui akun Twitter @Jokowi, Kamis (13/7/2017).

Sebelumnya, Jokowi sempat ditanya oleh wartawan soal rencana pemindahan ibu kota.

Saat itu, ia belum bersedia mengomentari dan berjanji akan menjelaskan mengenai rencana yang sudah digagas oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, tersebut.

"Nanti akan saya sampaikan pada waktunya," kata Jokowi, di Bursa Efek Indonesia, Jakarta Selatan, Selasa (4/7/2017).

Jokowi kembali mengulang jawaban yang sama ketika awak media menanyakan lebih detil mengenai pemindahan ibu kota, seperti lokasi pemindahan hingga waktunya. "Nanti akan saya sampaikan pada waktunya," kata Jokowi.

Selama ini, rencana pemindahan ibu kota dijelaskan oleh para pembantu Jokowi, seperti Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro.

Menurut Bambang, tahapan pemindahan ibu kota sudah bisa dimulai pada 2018 mendatang. Pemerintah saat ini masih mencari wilayah yang pas untuk dijadikan ibu kota baru menggantikan Jakarta. (ade/kcm)


Berita Lainnya

Index
Galeri